Usia Kehamilan Ideal untuk Melahirkan

Diposting pada

Ciri-Ciri Hamil – Kehamilan merupakan proses alami seorang wanita jadi wanita sepenuhnya yakni jadi seorang ibu. Bisa dikatakan, kehamilan dapat menambahkan Ibu pengalaman yang luar biasa dan sangat berharga. Oleh dikarenakan itu, dibutuhkan beragam persiapan yang baik, termasuk persiapan mental menjelang persalinan sehingga mampu memperlancar proses tersebut

Salah satu hal yang mesti Ibu ketahui adalah usia kehamilan yang paling tepat untuk melahirkan sang bayi. Menghitung usia kehamilan mesti setepat mungkin. Sejatinya, saat melahirkan yang tepat berlangsung secara alami. Begitu bayi yang Ibu kandung siap untuk dilahirkan, maka sebaiknya Ibu mampu mengenali tanda yang muncul.

Usia Kehamilan

Pada umumnya, masyarakat awam cuma mengerti bahwa untuk menentukan usia kehamilan ideal untuk melahirkan yakni 9 bulan 10 hari atau 37 minggu. Akan tetapi, berdasarkan penelitian dari Organisasi Kesehatan untuk Ibu dan Bayi di Amerika Serikat, March of Dimes, usia kehamilan paling ideal untuk Ibu bisa melahirkan bayi adalah 40 minggu. Apakah tidak sangat lama? Sedangkan, ada banyak bahaya yang mampu mengancam kesegaran bayi bila berada di dalam kadar sangat lama.

Penelitian dari badan kesegaran tersebut mendapatkan bahwa otak dan organ bayi tetap mampu berkembang sehabis usia kehamilan memasuki minggu ke 39. Bahkan, mereka termasuk mendapatkan bahwa bayi yang lahir pada minggu sehabis minggu ke 39 dapat mempunyai energi tahan yang luar biasa pada kasus pernafasan dan pencernaan, serta kasus pada pengaturan suhu tubuh secara alami, yang banyak dialami oleh bayi yang lahir pada minggu ke 37. Oleh dikarenakan itu, sekarang ini udah ada larangan untuk memakai C-Section pada minggu ke 37.

Menghitung dengan tepat

Untuk mengerti bahwa usia kehamilan Ibu mencapai usia kehamilan yang ideal untuk melahirkan, Ibu bisa menghitung kehamilan diri sendiri. Ada dua macam cara yang mampu Ibu gunakan untuk menghitung usia kehamilan.

Pertama adalah menghitung dengan metode haid terakhir, Ibu menggunakan rumus Naegele, yakni (tanggal + 7 hari), (bulan +9 ), (tahun + 0), untuk haid terakhir pada bulan  Januari – Maret dan (Tanggal+7 hari), (bulan-3), (tahun+1) untuk haid terakhir pada bulan April – Desember.

Metode yang kedua adalah pergerakan janin. Pergerakan janin pada kehamilan pertama berlangsung pada minggu ke 18-20, dan untuk kehamilan kedua dan selanjutnya, pergerakan berlangsung pada minggu ke 16-18. Tapi, bila Ibu mendambakan mengerti usia kehamilan yang akurat dan tepat, sebaiknya Ibu memeriksakan diri ke dokter kandungan.

Selain mengerti usia kehamilan dan termasuk perkiraan hari kelahiran, Ibu termasuk mampu mendapatkan bantuan bila dokter mendapatkan kasus kesegaran yang mampu mengancam kesegaran Ibu dan bayi. Jadi, proses melahirkan dapat berlangsung dengan lancar dan sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *