Sejarah Bunga Mawar

Diposting pada

Toko Bunga Jakarta – Bunga mawar adalah tidak benar satu jenis tanaman semak yang mempunyai wujud unik. Nama bunga mawar sendiri diambil alih berasal dari kata Rosa atau Rose yang menunjukan nama area asalnya. Jenis bunga ini punyai lebih berasal dari 100 spesies yang tersebar di semua dunia.

Kebanyakan berasal dari mereka tumbuh di belahan bumi bagian utara yang punyai hawa sejuk. Pada umumnya, semua spesies tanaman semak bunga mawar punyai batang darun yang berduri. Tak hanya itu, tanaman ini juga punyai kekuatan untuk tumbuh sampai 5 meter.

Bahkan, ada pula jenis mawar yang tingginya raih 20 meter. Namun, mawar jenis ini amat sulit sekali ditemui sebab hidupnya yang merambat terhadap tanaman lain.

Sebagian besar spesies tanaman semak bunga mawar punyai panjang daun kira-kira 4 sampai 15 Centimeter. Bentuk posisinya pun dua-dua berlawanan. Daun majemuk yang dimiliki oleh tanaman ini terdiri berasal dari kurang lebih 3 sampai 13 anak daun dan daun stipula (penumpu).

Daun stipula tersebut punyai wujud yang condong lonjong, tepinya beringgit, berduri terhadap batang, tulangnya menyirip dan ujung daunnya pun meruncing. Duri terhadap batang bunga mawar terdapat terhadap batang bagian bawah. Lebih tepatnya batang yang melekat terhadap tanah.

Tahukah anda, bahwa sesungguhnya tanaman bunga mawar bukanlah tanaman yang masuk kedalam kategori tanaman semak tropis. Kenapa demikian? Karena beberapa besar berasal dari jenis tanaman ini merontokan daunnya kala musim semi. Namun, perihal ini hanya dikerjakan oleh tanaman bunga mawar yang berada di asia.

Bunga ini punyai 5 helai daun mahkota. Terkecuali jenis bunga mawar serica yang hanya punyai 4 helai daun mahkota terhadap ujung bunganya. Jenis bunga mawar yang punyai 5 helai daun mahkota ialah bunga mawar merah, putih, biru, merah muda, kuning dan beberapa jenis lainnya. Ovarinya pun terdapat terhadap bagian bawah daun mahkota dan daun kelopak.

Sejarah Bunga Mawar
Tak hanya wujud bunganya  yang amat indah dan unik, ternyata bunga mawar ini punyai histori yang tak kalah indah bersama bentuknya. Percaya atau tidak bahwa sesungguhnya buga mawar udah ada sebelum saat manusia diciptakan

Bedasarkan bukti fosil yang tersimpan di didalam monumen Monumen Nasional Florissant Fossil Colorado-Amerika Serikat, jejak bunga mawar pertama udah ada sejak kira-kira 40 juta tahun yang lalu.

Selain itu, ditemukan juga beberapa fosil bunga mawar yang ada di Oregon dan Montana. Diperkirakan fosil bunga mawar tersebut udah berumur lebih berasal dari 35 juta tahun. Hal ini makin lama dikuatkan bersama ditemukannya beberapa fosil bunga tersebut di jerman dan yugoslavia.

Bunga mawar, sementara ini bisa tumbuh dan berkemban baik di beberapa area yang punyai iklim tropis. Dengan kata lain, ia akan tumbuh subur di negara yang punyai 4 musim. Namun, seperti yang dikatakan diawal, jenis ini juga kerap ditemukan di alam yang punyai suhu ekstrim seperti Antartika dan Norwegia.

Jika kita beranjak kesebelah selatan, maka akan ditemukan mawar yang tumbuh liar di kawasan Afrika dan Meksiko. Diperkirakan terdapat lebih berasal dari 150 spesies bunga mawar tumbuh subur dikawasan ini.

Budidaya kebun mawar sendiri diperkirakan baru di awali sejak 5.000 tahun yang lalu. Hal ini ditandai bersama munculnya perdaban baru Negri Mesir, China, Romawi, Yunani dan Fenisia. Namun, para pakar setuju bahwasannya tanaman bunga mawar ini mulanya berasal berasal dari Asia Tengah. Lebih tepatnya udah aja sejak 70 Juta tahun lantas (pada zaman eosen).

Jenis Mawar Tertua
Jika diamati berasal dari histori perkembangan bunga bawar, udah disebutkan bahwa terdapat beraneka macam spesies yang ada di beraneka penjuru dunia. Akan tetapi tahukah anda? Bahwasannya ada spesies mawar yang udah teridentifikasi punyai usia kira-kira 40 juta tahun.

Spesies bunga mawar ini adalah French Rose (Rossa Gallica) atau kecuali diambil kesimpulan kedalam bhs indonesia punyai arti mawar perancis . Jenis ini dianggap sebagai bunga mawar tertua di dunia.

Tapi tunggu dulu, walaupun nama tanaman ini mempunyai kandungan unsur kata French, ternyata jenis ini bukan berasal berasal dari negara prancis. Pada kenyataannya, bunga ini belum bisa diidentifikasi asalnya. Bunga Rossa Galica ini banyak tumbuh di Eropa Tengah dan Selatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *