Memilih Software Akuntansi

Diposting pada

Di era serba digital ini, perusahaan perlu mengikuti perkembangan teknologi dan memanfaatkannya demi kemajuan perusahaan itu sendiri. Bisnis yang tidak segera gunakan teknologi bakal semakin ketinggalan. Salah satunya adalah didalam proses pencatatan pembukuan perusahaan.
Dulu, pembukuan dijalankan secara manual bersama mencatat di didalam buku. Kemudian, terlihat aplikasi-aplikasi komputer bersifat spreadsheet (seperti Excel) yang bisa membantu pencatatan dan perhitungan. Boleh dikatakan, ini adalah metode pembukuan semi manual karena peran user tetap dominan untuk menghasilkan laporan-laporan keuangan yang dibutuhkan.

Terobosan paling baru di bidang pembukuan perusahaan adalah terciptanya software akuntansi. Ini adalah perangkat lunak yang mengolah data-data transaksi harian sehingga menghasilkan beragam macam laporan keuangan, terhitung laporan neraca dan rugi laba.
Mayoritas perusahaan besar tidak berpikir panjang untuk gunakan software akuntansi didalam laksanakan pembukuan perusahaan karena tahu sekali bakal manfaatnya. Bagaimana bersama perusahaan kecil dan menengah? Bagaimana bersama perusahaan Anda?

Ada banyak keuntungan yang diperoleh sementara perusahaan gunakan software akuntasi:

• Efisiensi sementara dan tenaga
Yang perlu dijalankan oleh user cuma menginputkan information transaksi harian. Setelah itu, semua peran diambil alih alih oleh software akuntansi yang bakal laksanakan perhitungan dan pengelompokan sehingga menghasilkan beragam macam laporan keuangan yang dibutuhkan perusahaan. Bayangkan betapa banyak waktu, tenaga, dan cost yang bisa dihemat!

• Laporan keuangan tiap tiap saat
Kapan saja pimpinan atau pemilik usaha membutuhkan, laporan keuangan bisa disajikan seketika. Tidak perlu kembali tunggu anak buah mempersiapkan laporan. Bahkan, bersama fasilitas dashboard, laporan keuangan tersebut bisa dipantau berasal dari mana saja lewat smartphone. Dan, tidak perlu khawatir, laporan yang dihasilkan udah diolah berdasarkan information termutakhir. Cepat dan akurat.

• Dapat gunakan fitur-fitur seperti:
o Pengingat hutang dan piutang yang bakal jatuh tempo.
Ini bakal menekan rasio piutang tak tertagih.

• Manajemen stok.
Anda bisa menentukan stok minimum dan maksimum sehingga stok tidak sampai menumpuk sekaligus tidak sampai kehabisan.

• Laporan realisasi cost dibandingkan bersama anggaran.
Anda bisa menghalangi biaya-biaya yang tidak perlu andaikata udah mendekati batas anggaran.

• Laporan order penjualan yang tetap menggantung.
Ini membawa dampak siklus usaha bergerak lebih cepat dan memuaskan pelanggan.

• Dan tetap banyak lainnya.

• Kebijakan tepat
Anda bisa menganalisa bersama baik jalannya usaha Anda berdasarkan laporan-laporan yang tersaji cepat dan akurat tiap tiap saat. Dengan demikian, Anda terhitung bisa segera mengambil kebijakan perusahaan yang paling tepat.

Jadi, andaikata Anda inginkan usaha Anda berkembang pesat tetapi tetap efisien, software akuntansiwajib Anda miliki. Investasi awal yang perlu Anda keluarkan untuk membelinya tidak amat artinya dibandingkan fungsi yang bakal Anda peroleh selama tahun-tahun berikutnya. Software akuntansi adalah sebuah investasi jangka panjang.

Nah, pasti sekarang Anda inginkan tahu bagaimana caranya menentukan software akuntansi yang paling pas di antara sekian banyak software akuntansi yang tersedia di pasaran?

Cara paling gampang adalah bersama menyortir. Ajukan kriteria-kriteria yang perlu dimiliki oleh sebuah software akuntansi yang baik menurut Anda, dan kemudian coret software akuntansi yang tidak mencukupi persyaratan tersebut. Pada akhirnya, bakal tersisa yang paling mencukupi persyaratan Anda.
Berikut adalah sejumlah persyaratan basic yang perlu dimiliki oleh software akuntansi yang baik.

Software akuntansi harus:
• Menyediakan modul/paket sesuai bidang usaha Anda
Anda pasti tahu bahwa sejumlah usaha punyai kronologis proses keuangan yang sedikit tidak serupa bersama umumnya usaha lain. Bisnis kontraktor tidak serupa bersama usaha toko, usaha di bidang manufaktur pasti tidak serupa bersama usaha apotek. Oleh karena itu, software akuntansi yang baik pasti sedia kan paket/modul yang berbeda-beda sesuai bidang usaha.

• Dapat dicustomized
Kadang sementara tersedia proses keuangan yang amat tertentu sehingga tidak terakomodir di didalam paket/modul yang ditawarkan oleh software akuntansi. Itu artinya Anda perlu melacak software akuntansi yang bisa dicutomized sesuai keperluan Anda.

• Memiliki fasilitas purna jual/after sales layanan yang bagus
Ini perihal amat penting yang sering kali terlupakan. Kita sibuk melacak produk yang bagus dan alpa melacak tahu bagaimana fasilitas purna jualnya. Padahal, investasi software akuntansi adalah investasi jangka panjang. Ada kemungkinan kita bakal menghadapi kesusahan atau suatu masalah di kemudian hari. Oleh karena itu kita memerlukan software akuntansi yang punyai fasilitas purna jual prima. Kalau perlu, software akuntansi yang digaransi seumur hidup. Dari mana kita mengetahuinya? Salah satunya berasal dari testimony perusahaan-perusahaan yang udah lebih-lebih dahulu menggunakannya. Apakah mereka puas? Apakah mereka memberi tambahan testimony yang positif?

• User friendly

Software akuntansi tersebut perlu gampang dioperasikan sehingga karyawan Anda bersemangat sementara laksanakan tugasnya dan tidak jadi terpaksa.
• Harga wajar

Setiap kali laksanakan investasi, pasti kita perlu membawa dampak perhitungan bersama cermat. Apakah cost investasi yang kita keluarkan sebanding bersama fungsi yang bakal kita peroleh? Berkaitan bersama software akuntansi, tak hanya harga produk dan lisensi, terhitung di dalamnya cost untuk mentraining karyawan Anda.

Selain kriteria-kriteria di atas, Anda bisa memberi tambahan persyaratan ekstra untuk meyakinkan Anda memperoleh software akuntasi terbaik:

• Ada fasilitas online
Software akuntansi bisa dibuka antar cabang secara realtime.

• Fasilitas dahsboard
Laporan keuangan bisa dipantau berasal dari jarak jauh lewat aplikasi android. Jadi, di mana pun Anda berada dan kapan pun Anda membutuhkannya, Anda bisa mengakses laporan keuangan terkini secara cepat dan akurat.

• Ada fasilitas backup otomatis
Beberapa sementara selanjutnya sempat marak isu virus malware yang bisa mengakibatkan kerusakan data-data di komputer kita tanpa ampun. Itu adalah keliru satu alasan mengapa proses backup amat penting. Software akuntansi yang baik mestinya laksanakan proses backup secara otomatis tiap tiap hari. Supaya, terkecuali berlangsung kerusakan terhadap komputer maupun data, kita tetap punyai information cadangan.

• Migrasi information secara masif
Bila selama ini perusahaan Anda udah menjalankan proses pembukuan secara terkomputerisasi, andaikata gunakan Excel, maka Anda memerlukan software akuntansi yang bisa menerima migrasi information secara masif. Artinya, software akuntansi tersebut perlu bisa menerima banyak inputan information master (barang, supplier, customer) maupun information transaksi (penjualan, pembelian) sekaligus.

Jadi, user tidak perlu menginput kembali satu per satu karena ini bakal mengambil sementara yang amat banyak. Akan lebih baik kembali andaikata data-data tersebut udah disertai informasi pendukung, layaknya rincian saldo hutang per nota dan rincian saldo piutang per nota. Kemampuan software akuntansi untuk menerima migrasi information secara masif bakal menghemat banyak waktu, tenaga, dan biaya.

• Laporan rapi siap diolah lebih lanjut
Biasanya, laporan-laporan yang kita menerima berasal dari software akuntansi tetap inginkan kita olah lebih lanjut. Entah untuk dipresentasikan, dipadukan bersama laporan-laporan lainnya, atau untuk proses analisa lebih mendalam. Untuk itu, kita memerlukan laporan didalam format Excel yang rapi sehingga gampang untuk diolah lebih lanjut.

• Inovasi tak ada henti
Kita pasti inginkan software akuntansi yang kita beli bisa dipakai didalam jangka sementara lama dan tetap mengikuti perkembangan teknologi. Oleh karena itu, kita perlu menentukan developer yang konsisten laksanakan inovasi. Supaya, software akuntansi yang kita beli bisa tetap terupgrade mengikuti kemajuan teknologi terkini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *