Ban dan Sejarah Ban

Diposting pada

 

Ban adalah peranti yang menutupi velg suatu roda. Ban adalah bagian mutlak dari kendaraan darat, dan digunakan untuk kurangi getaran yang disebabkan ketidakteraturan permukaan jalan, merawat roda dari aus dan kerusakan, dan juga mengimbuhkan kestabilan antara kendaraan dan tanah untuk menambah percepatan dan mempermudah pergerakan.

Sebagian besar ban yang ada sekarang, terlebih yang digunakan untuk kendaraan bermotor, diproduksi dari karet sintetik, meskipun sanggup juga digunakan berasal dari bahan lain seperti baja.

Sejarah ban
Pada tahun 1839, Charles Goodyear berhasil menemukan teknik vulkanisasi karet. Vulkanisasi sendiri berasal berasal dari kata Vulkan yang merupakan dewa api didalam agama orang romawi. Pada awalannya Goodyear tidak menamakan penemuannya itu bersama nama vulkanisasi melainkan karet tahan api. Untuk menghargai jasanya, nama Goodyear diabadikan sebagai nama perusahaan karet terkenal di Amerika Serikat yaitu Goodyear Tire plus Rubber company yang didirikan oleh Frank Seiberling pada tahun 1898. Goodyear Tire & Rubber Company jadi berdiri pada tahun 1898 disaat Frank Seiberling belanja pabrik pertama perusahaan ini bersama menggunakan uang yang dia pinjam berasal dari keliru seorang iparnya.

Pada tahun 1845 Thomson dan Dunlop menciptakan ban atau pada sementara itu disebut ban hidup dengan sebutan lain ban berongga udara. Sehingga Thomson dan Dunlop disebut Bapak Ban. Dengan pertumbuhan teknologi Charles Kingston Welch menemukan ban dalam, sementara William Erskine Bartlett menemukan ban luar.

Lihat Juga : Jual Ban Traktor

Jenis-jenis Ban
Ban Bias

Ban bersama susunan bias adalah yang paling banyak dipakai. Dibuat berasal dari banyak lembar cord yang digunakan sebagai rangka berasal dari ban. Cord ditenun bersama langkah zig-zag membentuk sudut 40 sampai 65 derajat sudut pada keliling lingkaran ban.

Ban Radial
Untuk ban radial, konstruksi carcass cord membentuk sudut 90 derajat sudut pada keliling lingkaran ban. Jadi dilihat berasal dari samping konstruksi cord adalah didalam arah radial pada pusat atau crown berasal dari ban. Bagian berasal dari ban berhubungan segera bersama permukaan jalan diperkuat oleh semacam sabuk pengikat yang dinamakan “Breaker” atau “Belt”. Ban style ini cuma menderita sedikit deformasi didalam bentuknya berasal dari gaya sentrifugal, meskipun pada kecepatan tinggi. Ban radial ini juga membawa “Rolling Resistance” yang kecil.

Ban tanpa tube
Schrader valve components (from left to right) the valve core closed (top) plus open (bottom), the order of assembly, end view of stem without core plus with core (top) plus stem with dust cap on (bottom)
Ban Tubeless adalah ban yang dirancang tanpa membawa ban dalam. Ban tubeless in diciptakan kurang lebih tahun 1990. Ban tubeless adalah ban pneumatik yang tidak memerlukan ban didalam layaknya ban pneumatik layaknya biasanya. Ban tubeless punyai tulang rusuk tetap menerus dibentuk secara integral ke didalam manik ban supaya mereka dipaksa oleh tekanan hawa di didalam ban untuk menutup bersama flensa berasal dari velg roda logam.

Bagian-bagian ban
Tread adalah bagian telapak ban yang berfaedah untuk merawat ban berasal dari benturan, tusukan objek berasal dari luar yang sanggup berusak ban. Tread dibuat banyak pola yang disebut Pattern.

Breaker dan Belt adalah bagian lapisan benang (pada ban biasa terbuat berasal dari tekstil, namun pada ban radial terbuat berasal dari kawat) yang di tempatkan di antara tread dan casing. Berfungsi untuk merawat dan juga meredam benturan yang terjadi pada Tread supaya tidak segera diserap oleh Casing.

Casing adalah lapisan benang pembentuk ban dan merupakan rangka berasal dari ban yang menampung hawa bertekanan tinggi supaya sanggup menyangga ban.

Bead adalah bundelan kawat yang disatukan oleh karet yang keras dan berfaedah layaknya angkur yang melekat pada velg.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *